Viral Pengakuan Gus Dur: JK Keturunan Kahar Muzakkar, Saya Banyak Sumber - HWMI.or.id

Saturday 5 February 2022

Viral Pengakuan Gus Dur: JK Keturunan Kahar Muzakkar, Saya Banyak Sumber

Viral Pengakuan Gus Dur: JK Keturunan Kahar Muzakkar, Saya Banyak Sumber

Dikutip dari suaraislam.co, Beredar pengakuan lawas mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang menyebut bahwa Jusuf Kalla atau JK merupakan keturunan dari tokoh pemberontak DI/TII Kahar Muzakkar, kembali viral di media sosial.

Pengakuan lawas Gus Dur soal JK keturunan Kahar Muzakkar itu viral usai sebuah foto tangkapan layar pernyataan Presiden RI ke-4 itu diunggah pengguna Twitter Tukangrosok_, seperti dilihat pada Kamis 3 Februari 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu mempertanyakan soal kebenaran pengakuan Gus Dur terkait Jusuf Kalla itu.

“Benarkah Pak_JK dengan apa yang dibilang alm. Gus Dur?,” cuit netizen Tukangrosok_. Selain itu, sang netizen juga menyertakan sebuah link artikel pemberitaan yang memuat pengakuan Gus Dur soal JK merupakan keturunan Kahar Muzakkar.

Sumber: 👇👇

https://mobile.twitter.com/tukangrosok___/status/1488806169590202371

Adapun artikel pemberitaan berjudul ‘Gus Dur Ungkap Asal Usul Jusuf Kalla’ tersebut dimuat laman Okezone pada 23 April 2008 silam.

Mengutip isi pemberitaan itu, Gus Dur yang kala itu masih menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Syuro PKB mengungkapkan bahwa buyut Jusuf Kalla adalah Kahar Muzakkar. Hal itu disampaikan Gus Dur saat membuka Rapimnas di Kantor DPP PKB, Jalan Kalibata, Jakarta Selatan.

“JK itu buyutnya Kahar Muzakkar,” ujar Gus Dur. Gus Dur pun menegaskan bahwa dirinya mendapat informasi soal JK merupakan keturunan Kahar Muzakkar tersebut dari banyak sumber. “Saya ngomong bukan kali ini saja. Mungkin JK sudah dengar, tetapi sampai saat ini dia tidak menjawab. Saya banyak sumber,” tegasnya.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda