Doa Sesudah Shalat Fardhu Tidak Disyariatkan??? - HWMI.or.id

Tuesday 23 August 2022

Doa Sesudah Shalat Fardhu Tidak Disyariatkan???

Doa Sesudah Shalat Fardhu dan Mengangkat Tangan Tidak Disyariatkan? 

(kata wahabi) 

Al-Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani, ulama ahli hadits pensyarah Shahih Bukhari dan bermadzhab Syafi'i menjelaskan:

(ﻗﻮﻟﻪ ﺑﺎﺏ اﻟﺪﻋﺎء ﺑﻌﺪ اﻟﺼﻼﺓ) ﺃﻱ اﻟﻤﻜﺘﻮﺑﺔ ﻭﻓﻲ ﻫﺬﻩ اﻟﺘﺮﺟﻤﺔ ﺭﺩ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺯﻋﻢ ﺃﻥ اﻟﺪﻋﺎء ﺑﻌﺪ اﻟﺼﻼﺓ ﻻ ﻳﺸﺮﻉ

(Imam Bukhari menulis) Bab doa setelah sholat, yakni sholat wajib.

 "Bab ini sekaligus menjadi bantahan kepada ulama yang menyatakan bahwa doa setelah sholat tidak disyariatkan," jelas Al-Hafidz, 

ﻭﻣﺎ اﺩﻋﺎﻩ ﻣﻦ اﻟﻨﻔﻲ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﻣﺮﺩﻭﺩ ﻓﻘﺪ ﺛﺒﺖ ﻋﻦ ﻣﻌﺎﺫ ﺑﻦ ﺟﺒﻞ ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ ﻟﻪ ﻳﺎ ﻣﻌﺎﺫ ﺇﻧﻲ ﻭاﻟﻠﻪ ﻷﺣﺒﻚ ﻓﻼ ﺗﺪﻉ ﺩﺑﺮ ﻛﻞ ﺻﻼﺓ ﺃﻥ ﺗﻘﻮﻝ اﻟﻠﻬﻢ ﺃﻋﻨﻲ ﻋﻠﻰ ﺫﻛﺮﻙ ﻭﺷﻜﺮﻙ ﻭﺣﺴﻦ ﻋﺒﺎﺩﺗﻚ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺑﻮ ﺩاﻭﺩ ﻭاﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﻭﺻﺤﺤﻪ اﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻭاﻟﺤﺎﻛﻢ

" Dakwaan Ibnu Qayyim yang meniadakan doa setelah sholat secara mutlak terbantahkan. Telah menjadi riwayat yang tetap dari Mu'adz bin Jabal bahwa Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda kepadanya: "Wahai Muadz, Demi Allah aku mencintaimu. Jangan kau tinggalkan setiap selesai shalat untuk berdoa "Ya Allah, tolonglah aku untuk mengingat Mu, mensyukuri nikmat Mu dan beribadah dengan baik kepada Mu". HR Abu Dawud dan Nasai, dinilai sahih oleh Ibnu Hibban dan al-Hakim (Fathul Bari 11/133)

Syekh Al-Mubarakfur setelah menjelaskan beberapa hadits tentang anjuran mengangkat tangan saat shalat, beliau berkesimpulan:

ﻗﻠﺖ اﻟﻘﻮﻝ اﻟﺮاﺟﺢ ﻋﻨﺪﻱ ﺃﻥ ﺭﻓﻊ اﻟﻴﺪﻳﻦ ﻓﻲ اﻟﺪﻋﺎء ﺑﻌﺪ اﻟﺼﻼﺓ ﺟﺎﺋﺰ ﻟﻮ ﻓﻌﻠﻪ ﺃﺣﺪ ﻻ ﺑﺄﺱ ﻋﻠﻴﻪ ﺇﻥ ﺷﺎء اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ

"Saya katakan: Pendapat yang kuat menurut saya bahwa mengangkat kedua tangan setelah shalat adalah boleh. Jika seseorang melakukannya tidak apa-apa." (Tuhfah Al-Ahwadzi Syarah Sunan At-Tirmidzi 2/173)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda