Ilmu Tanpa Amal - HWMI.or.id

Sunday 14 June 2020

Ilmu Tanpa Amal



Imam Ghazali Berpesan kepada santri beliau;

Wahai anakku, janganlah engkau menjadi orang yang merugi dan sunyi dari beramal (bathin). Sesungguhnya ilmu yang tidak diamalkan tidak akan membawa manfaat kelak di hari kiamat.

Sebagaimana ada seorang laki-laki (pemuda) yang ada ditengah alas (hutan) dengan membawa sepuluh jenis pedang dari hindia serta jenis pedang lainya, pemuda tersebut juga seorang yang pemberani dan ahli dalam peperangan.

Tiba-tiba ditengah hutan tersebut, ada seekor macan yang besar dan menakutkan menyerang pemuda itu.

Apa yang engkau pikirkan?

Apakah pedang itu bisa menolak atau melawan macan itu jika tidak di gunakan dan di pukulkan ke macan tersebut ?

sudah menjadi maklum, Sesungguhnya pedang itu tidak akan bisa menolak macan kecuali jika digerakkan dan di pukulkan kearah macan.

Begitupula seandainya ada seorang laki-laki yang membaca dan mempelajari seribu permasalahan Ilmiah, dan apa yang dia baca dan pelajari itu tidak diamalkan, maka tiada manfaatnya kecuali dengan diamalkan.

Atau contoh yang lain, ada seorang laki-laki yang sakit panas dan penyakit kuning, salah satu obat yang bisa menyembuhkanya adalah dengan obat sukanjabin (Minuman dari madu) dan Kasykabi (minuman dari gandum sya’ir), maka kedua obat ini tidak akan mampu menyembuhkan penyakit itu kecuali jika obat tersebut diminum. (azf)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda