Bagaimana Berthariqah - HWMI.or.id

Tuesday 31 August 2021

Bagaimana Berthariqah

 


Bagaimana Berthariqah 

Jika setiap anggota tubuh kita diterangi oleh cahaya dzikir dan terlatih dengan dzikir, pada sakaratul maut tiba, misalnya, kita akan keluar dari dunia yang fana ini bidzikrillah, dengan dzikir kepada Allah dan akhirnya dengan khusnul khatimah.

Mari kita bersihkan hati kita dengan kalimah laa ilahailallah Muhammadurrasulullah. Kalau hati kita sudah terwarnai dengan kalimat itu, kita akan merasa dilihat dan didengar oleh Allah SWT. Kita selalu khauf, takut yaitu takut sebagai makna Taqwa. Kita akan selalu raja’, mengharap kepada Allah tidak kepada yang lain.

Bila kita selalu ingat kepada Allah, ketika bertutur kata dengan baik, kita akan merasa malu kepada Allah. Inilah diantara tujuan thariqah lainnya. Bukan untuk bisa berjalan diatas air, bisa melihat barang yang ghaib, menghentikan hujan dan sebagainya. Tapi bagaimana thariqah bisa membersihkan lubuk hati manusia, sehingga kedudukan imannya semakin kuat. Imannya akan semakin bercahaya dengan kalimat Laa ilahailallah Muhammadurasulullah

Setelah memahami apa itu thariqah, barulah anda berbaiat. Banyak sekali kelompok Thariqah yang mu’tabaroh, dari yang ringan sampai yang berat. Ada Syadziliyah, Tijaniyah, Qadiriyah, Naqsyabandiyyah, Alawiyyah, Syattaryyah dan lain-lain.

(Habib Luthfi bin Yahya)

IG : @darulhasyimijogja

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda