Radikalisme dan Ancaman Terorisme Menghantui Kita! - HWMI.or.id

Friday 27 August 2021

Radikalisme dan Ancaman Terorisme Menghantui Kita!

RADIKALISME DAN ANCAMAN TERORISME MENGHANTUI KITA !

Oleh: Ayik Heriansyah

Radikalisme dan terorisme masih menjadi PR besar kita yang butuh perhatian ekstra. Kemarin (25/9) laman detik.com melansir laporan riset yang dilakukan oleh 

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Riset Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ditemukan fakta, 44 dari 100 pelajar SMA di Kota Bandung terindikasi terpapar paham radikalisme. Hasil penelitian yang pada Juli-Agustus 2021 tersebut menunjukkan Bandung zona merah radikalisme.

Keadaan ini membahayakan masa depan bangsa. Beberapa tahun ke depan, pelajar-pelajar radikal tersebut akan masuk kampus-kampus, kemudian lulus menjadi kelas menengah radikal yang duduk sebagai karyawan di instansi pemerintah dan swasta, serta menjadi pengusaha radikal.

Untuk mencegah, menghambat, menghalangi dan menghentikan alur radikalisasi ini, Direktur Pencegahan BNPT RI, Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwakhid, SE, MM, mengatakan ada tiga langkah yang dapat dilakukan oleh pemuda dan masyarakat yaitu:

1) Militan dalam menangkal sebaran hoaks dan propaganda, serta aktif menyebar konten persatuan dan toleransi terutama di dunia maya.

2) Unfollow (jangan ikuti) ustadz dan tokoh radikal baik di lingkungan sosial atau media sosial.

3). Follow ustadz dan tokoh yang moderat, toleran dan damai serta cinta NKRI dan Pancasila di lingkungan sosial dan media sosial.

Militansi dari kita diharapkan dapat mengimbangi bahkan mengalahkan kelompok radikal dalam penguasaan narasi di ruang-ruang publik, di dunia nyata dan maya. Narasi-narasi moderat, pro perdamaian, dan yang mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa harus menjadi arus utama.

Sikap istiqamah dan pantang menyerah dalam melawan hoaks, kunci keberhasilan melawan radikalisme. Diperkuat dengan upaya penggalangan terus menerus terhadap seluruh komponen pemuda dan masyarakat dalam membangun jejaring penggerak dalam moderasi beragama.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda