Ketua KPK: Semangat Santri Diperlukan dalam Perang Badar Melawan Korupsi - HWMI.or.id

Friday 22 October 2021

Ketua KPK: Semangat Santri Diperlukan dalam Perang Badar Melawan Korupsi

Ketua KPK: Semangat Santri Diperlukan dalam Perang Badar Melawan Korupsi

Dikutip dari suaraislam.co, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengatakan bahwa semangat fisabilillah dan roh santri diperlukan dalam perang badar melawan korupsi.

Hal tersebut disampaikan Firli saat memperingati Hari Santri Nasional yang diperingati setiap 22 Oktober.

Menurut Firli, tema besar peringatan Hari Santri Nasional 2021, yakni “Santri Siaga Jiwa dan Raga” sangat tepat untuk mengingatkan seluruh elemen bangsa, betapa pentingnya menyiagakan selalu jiwa raga seperti lazimnya seorang santri, dalam menjalani hidup dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.

“Saya tekankan, negeri ini membutuhkan anak-anak bangsa yang memiliki jiwa, raga, semangat fisabilillah dan roh seorang santri dalam perang badar melawan korupsi dan perilaku koruptif di negeri ini,” kata Firli dalam keterangannya, Jumat (22/10/2021).

Firli mengungkapkan, bangsa Indonesia pernah mengalami masa sulit di masa kolonial dan menghadapi imperialis. Dikatakan, yang tak kalah jahat dari kolonialisme itu sendiri adalah penanaman sistematis perilaku koruptif yang membudaya dan menjadi norma di nusantara, dan hingga kini masih dicontoh.

“Bagaimana kesetiaan terhadap tuan-tuan tanah dan penguasa-penguasa harus dibuktikan dari pemberian hadiah dan pembagian hasil yang tak adil. Sistem tersebut tentu memiskinkan rakyat, hanya sekelompok orang yang berkomplot dengan kolonial dan imperator yang hidup layak. Perilaku kolonial dan imperator tak berbeda dengan komplotan koruptor yang rakus dan mencuri hak rakyat, sehingga tak peduli pada kehidupan orang lain,” tegasnya.

Untuk itu, bercermin pada tekad bulat, semangat kuat pantang menyerah dalam jihad fisabilillah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah di masa lalu, Hari Santri Nasional di masa kini sepatutnya menjadi momentum membangkitkan sekaligus menyempurnakan kepribadian, jiwa raga dan roh serta kepribadian seorang santri dalam diri segenap bangsa Indonesia untuk menumpas habis warisan budaya koruptif ala kolonialisme dan imprerialisme di Indonesia.

“Selamat memperingati dan merayakan Hari Santri Nasional 2021. Dengan semangat antikorupsi, semoga roh, semangat perjuangan para ulama dan santri pendahulu kita untuk merebut kemerdekaan di masa lalu, senantiasa tumbuh dan berkembang dalam setiap jiwa, raga, hati dan pikiran segenap rakyat Indonesia,” ungkapnya.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda