Tewasnya Anggota MIT Eksektur 4 Non-Muslim Mendapat Sorotan Luas Media Asing - HWMI.or.id

Saturday 8 January 2022

Tewasnya Anggota MIT Eksektur 4 Non-Muslim Mendapat Sorotan Luas Media Asing

Tewasnya Anggota MIT Eksektur 4 Non-Muslim Mendapat Sorotan Luas Media Asing

Satgas Madago Raya berhasil menewaskan satu anggota teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ahmad Panjang alias Ahmad Gazali (27) dalam sebuah kontak tembak di Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (4/1/2022). Tidak hanya di Indonesia, tewasnya Ahmad Panjang, eksekutor empat warga non-Muslim itu mendapat sorotan luas dari media asing.

“Suspected militant accused of beheadings killed in Indonesia [Tersangka militan yangdituduh memenggal tewas di Indonesia]” bunyi judul Associated Press(AP) yang dilansirVoice of Indonesia, The Washington Post, dan beberapa media Australia termasuk 7news.com.au.

Menurut polisi, Gazali telah diburu di hutan pegunungan terpencil. Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Rudy Sufahriadi, mengatakan Ahmad Panjang, anggota kunci jaringan MIT, ditembak mati oleh tim gabungan polisi dan militer di dekat dusun Uempasa di Parigi Moutong.

Wilayah tersebut berbatasan dengan kabupaten Poso yang dikenal sebagai “sarang ekstremis” di provinsi tersebut. MIT telah mengeklaim bertanggung jawab atas pembunuhan petugas polisi dan minoritas Kristen, beberapa di antaranya dengan dieksekusi penggal. MIT telah bersumpah setia kepada ISIS.

Polisi mengatakan Gazali melakukan beberapa eksekusi atas nama kelompok itu, termasuk pemenggalan empat petani Kristen Mei lalu. Menurut Kapolda, tim gabungan sedang berpatroli di daerah itu ketika menemukan dua militan di sebuah kamp.

Dia mengatakan militan kedua melarikan diri ke hutan. Baku tembak hari Selasa terjadi empat bulan setelah pasukan keamanan membunuh dua milisi dalam baku tembak lainnya di hutan, termasuk Ali Kalora sang pemimpin kelompok MIT.

“Kami masih mencari tiga tersangka anggota kelompok yang masih tersisa. Kami mendesak mereka untuk segera menyerah atau kami akan terus memburu mereka,” tegas Kapolda.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda