Rahasia Kekuatan Ansor Banser Ada Pada "Riyadhoh/Tirakat" - HWMI.or.id

Wednesday 6 April 2022

Rahasia Kekuatan Ansor Banser Ada Pada "Riyadhoh/Tirakat"

 


Sejak awal NU berdiri diawali dengan riyadhoh oleh para muasis NU, orang jawa menyebutnya dengan "tirakat", Yaitu sebuah laku amaliyah ibadah yang dilakukan rutin istiqomah agar futuh/terbuka mendapat bimbingan dan kekuatan dari Allah swt. Demikian juga dengan banom-banom NU seperti Ansor.


Agar kita senantiasa dibimbing Allah dan mendapat kekuatan dalam mengarungi hidup, baik sebagai individu maupun organisasi kita dilatih melakukan riyadhoh melalui Majlis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor.

Di MDS Rijalul Ansor berbagai amaliyah riyadhoh kita jalankan sesuai dengan ijazah dan arahan dari ulama/kyai. Selain itu juga di adakan ta'lim untuk menambah ilmu dan pemahaman tentang Islam.

Foto ini adalah salah satu contoh amaliyah yang dilakukan sahabat Ansor Banser,  di Indramayu sahabat Ansor Banser merutinkan membaca Rothib Al Hadad setiap awal bulan. Amalan ini mungkin sekali berbeda ndengan tempat lain, di Cabang/Anak Cabang/Ranting lainya bisa saja mengamalkan Rathib Al Athos, Rotibul Kubro, Sholawat Jibril, dll . Semua tergantung dengan Ijazah yang diberi oleh Guru kita.

Semoga kita istiqomah mengerjakan amalan yang telah diajarkan oleh guru-guru kita.

FOTO: PAC Ansor Gabuswetan

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda