Awas Haditsnya Dho'if, Jangan Diamalkan..! - HWMI.or.id

Saturday 19 November 2022

Awas Haditsnya Dho'if, Jangan Diamalkan..!

Pasti anda sering dengar 'kan dengan judul di atas?. 

Lalu bagaimana sebenarnya hukum mengamalkan hadits dho'if?. 

Berikut pendapat para ulama:

 Madzhab Hanafi:

وَإِنْ كَانَتْ ضَعِيفَةً لِلْعَمَلِ بِالْحَدِيثِ الضَّعِيفِ فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ 

"Meskipun hadits itu dho'if, maka diperbolehkan untuk diamalkan dalam keutamaan Amal." (Duror Al-Hukkam juz 1 halaman 36). 

 Madzhab Maliki :

 فَقَدْ اتَّفَقَ الْعُلَمَاءُ عَلَى جَوَازِ الْعَمَلِ بِالْحَدِيثِ الضَّعِيفِ فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ وَاغْتِنَامًا لِلثَّوَابِ الْوَارِدِ 

"Para ulama sepakat : Diperbolehkan mengamalkan hadits dho'if dalam keutamaan amal, dan sebagai motivasi dalam meraih pahala." (Mawahib Al-Jalil, juz 1 halaman 56).

 Madzhab Syafi'i :

وَقَدْ قَدِمْنَا اتِّفَاقَ العلَمَاءِ عَلَى العَمَلِ بِالحَديْثِ الضَّعِيفِ فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ دُوْنَ الحَلاَلِ وَالحَرامِ وَهَذَا مِنْ نَحْوِ فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ  

"Telah kami jelaskan kesepakatan para ulama akan diperbolehkannya mengamalkan hadits dho'if dalam hal keutamaan amal, bukan dalam rangka memberikan hukum halal dan haram." (Al-Majmu' juz 3 halaman 248).

 Madzhab Hanbali :

(فَلَا بَأْسَ ، لِجَوَازِ الْعَمَلِ بِالْحَدِيثِ الضَّعِيفِ فِي فَضَائِلِ الْأَعْمَالِ) . قَالَ الشَّيْخُ تَقِيُّ الدِّينِ : الْعَمَلُ بِالْخَبَرِ الضَّعِيفِ ، بِمَعْنَى : أَنَّ النَّفْسَ تَرْجُو ذَلِكَ الثَّوَابَ ، أَوْ تَخَافُ ذَلِكَ الْعِقَابَ . وَمِثْلُهُ : التَّرْغِيبُ وَالتَّرْهِيبُ وَالْمَنَامَاتِ 

"Boleh mengamalkan hadits dho'if dalam keutamaan amal. Syekh Taqiyuddin berkata: “Artinya bahwa seseorang menginginkan pahala dan takut dengan dosa. Demikian pula dalam hal motivasi ibadah dan dorongan menjauhi dosa.” (Mathalib Uli An-Nuha, juz 3 halaman 234).

Sebagai catatan penting, ada sebagian orang yang 'alergi' dengan hadits dho'if dengan berdalih pada Imam al-Bukhari yang mengarang kitab Sahih al-Bukhori. Padahal faktanya tidak demikian:

ﻭَﻗَﺎﻝَ اﻟﺒُﺨَﺎﺭِﻱ: أَﺣْﻔِﻆُ ﻣِﺌَﺔَ ﺃَﻟْﻒِ ﺣَﺪِﻳْﺚٍ ﺻَﺤﻴْﺢٍ ﻭَﻣِﺎﺋَﺘَﻲْ ﺃَﻟﻒِ ﺣَﺪِﻳْﺚٍ ﻏَﻴْﺮِ ﺻَﺤِﻴْﺢٍ

"Imam Bukhari berkata: "Saya hafal 100 ribu hadits sahih dan 200 ribu hadits yg tidak shahih" (Faidh Al-Qadir juz 1 halaman 17).

Selain kitab Shahih al-Bukhori, Imam al-Bukhori juga memiliki beberapa kitab lain seperti At-Tarikh Kabir dan Shaghir, kitab Adab Al-Mufrod. Dalam kitab-kitab tersebut Imam Bukhori juga mencantumkan beberapa hadits dho'if.

- Gus Dewa -

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda