Mana Yang Lebih Baik Antara Memberi Utang Atau Bersedekah? - HWMI.or.id

Saturday 31 December 2022

Mana Yang Lebih Baik Antara Memberi Utang Atau Bersedekah?


Dalil yang menyatakan memberi utang lebih baik itu hadis pertama, Rasulullah bersabda bahwa ada orang yang masuk surga dan melihat di pintu surga ada tulisan "pahala sedekah itu 10 kali lipatnya dan pahala memberi utang itu 18 kali lipatnya."

Adapun dalil yang menyatakan bahwa sedekah lebih baik dari pada memberi utang adalah bahwa Rasulullah bersabda orang muslim yang memberi pinjaman dua kali maka ia seolah telah bersedekah satu kali. 

Memberi utang bisa lebih baik dari sedekah karena pemberi utang harus bergelut dengan harapan bahwa hartanya akan dikembalikan, ini terkadang ikhlasnya jadi lebih sulit, berbeda dengan sedekah yang setelah memberi maka sudah lepas begitu saja. 

Jika melihat kepada hadis bahwa imbalan itu sesuai dengan kesulitan maka pergulatan batin untuk mengikhlaskan harapan bisa menambah nilai pemberian utang. Tapi bersedekah bisa lebih baik dari memberi utang karena sedekah itu benar-benar melepaskan beban pihak yang membutuhkan tidak seperti pemberian utang yang hanya melepaskan beban sementara saja.

Tapi sepertinya untuk zaman sekarang lebih utama ngasih utang, karena biasanya si peminjam jadi lebih galak dari yang menagih hingga urusannya jadi lebih menantang, hingga masuk kepada hadis "Imbalanmu berdasarkan kesulitanmu".

- Fahmi Hasan Nugroho -

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda