Khalifah Yang Punya Julukan Aneh - HWMI.or.id

Friday 13 January 2023

Khalifah Yang Punya Julukan Aneh

 


Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq 

Sebuah julukan aneh diberikan kepada salah satu khalifah yang terkenal dari dinasti Abasiyah : Mu'tashim billah. Seorang pemimpin yang tercatat dalam sejarah pernah menggerakkan pasukan besar hanya untuk membela kehormatan satu muslimah yang diganggu di wilayah musuh.

Adz Dzahabi berkata tentangnya : "Dia adalah salah satu Khalifah paling agung dan karismatik. Keharuman dan besarnya jasanya tak terbantahkan seandainya ia tidak tersangkut fitnah Qur'an Makhluk."

Al Mu'tashim dijuluki oleh orang - orang dengan julukan al Mutsammim yang artinya si serba delapan. Karena begitu banyak hal yang menyangkut dirinya itu bertepatan dengan angka delapan.

Misalnya ia adalah Khalifah yang ke-8 Abasiyah, ia juga anak Harun ar Rasyid yang ke-8. Mulai berkuasa pada 218 H selama 8 tahun, 8 bulan dan 8 hari.

Ia dilahirkan pada tahun 178 dan hidup selama 48 tahun. Ia disengat hewan saat berada di benteng 8,  ia telah menaklukan 8 wilayah musuh serta  membunuh 8 rajanya. 

Ia memiliki 8 anak laki-laki, juga 8 anak perempuan dan bahkan saat wafat ia juga masih tersangkut dengan angka delapan, yakni ia meninggal pada 8 hari terakhir bulan Syawal.

Dan sedikit tambahan dari saya, banyak penulis yang tercampur atau keliru menyamakan beliau ini dengan khalifah terakhir dari dinasti Abasiyah yang ada di Baghdad, Musta'shim billah.

Jadi ada Mu'tashim billah (معتصم بالله) tokoh yang sedang kita bicarakan, yang terkenal dengan ketegasan dan kekuatannya. Ada Musta'shim billah (مستعصم بالله), yang di masanya terjadi serangan tentara Tartar ke wilayah kekhalifahan Islam dan ia mati terbunuh.

📜Tarikh al Khulafa' hal. 520

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda