Apel HSN 2023, Presiden Jokowi Kenang Peran Santri dalam Berjuang Mempertahankan NKRI - HWMI.or.id

Saturday 21 October 2023

Apel HSN 2023, Presiden Jokowi Kenang Peran Santri dalam Berjuang Mempertahankan NKRI

Dokumen : Suasana Apel HSN 2023 di Surabaya

Apel Hari Santri menjadi Puncak Rangakaian Kegiatan Hari Santri (HSN) 2023 yang dilaksanakan di Tugu Pahlawan Surabaya Jawa Timur, Ahad (22/10/2023). 

Ribuan peserta hadir dari penjuru Jawa Timur dilokasi sejak pukul 03.00 dini hari dengan penuh semangat, hidmat demi memeriahkan  Apel bersama para masyayikh Nahdlatul 'Ulama (PBNU). 

Apel HSN 2023 di Surabaya ini dihadiri oleh Presiden RI, Jokowidodo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekertaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf.

Dalam sambutanya, Presiden RI, Jokowidodo mengajak peserta untuk merefleksikan bagaimana perjuangan para santri dalam mempertahankan dan memperkokoh Negara Kesatuan Indonesia. 

"Dengan ini sudah terbukti santri ikut andil dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa indonesia," Kata Jokowi saat memberikan amanat apel.

Munculnya hari santri, berawal dari usulan para kyai dan santri salah Pesantren di Kabupaten Malang, Setelah dikaji dan diskusi, lanjut Jokowi, maka Jokowi pada tahun 2015 saat jokowi menjadi presiden ditetapkanlah Hari Santri keputusan presiden nomor 22 tahun 2015. Dan sejak itulah kita memiliki Hari Santri Nasional.

Semoga dengan Peringatan Hari Santri Nasional 2023, para santri tetap semangat berjihad, Jayakan Negeri. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda