Imam Al-haramain & Imam Al-ghazali - HWMI.or.id

Sunday 15 October 2023

Imam Al-haramain & Imam Al-ghazali

 Imam al-Haramain = Al-Juwaini...

Salah satu pengarang kitab Ushul Fiqh kecil yang terbaik (kitab waroqot karena susunan kitab tersebut sedikit namun mengandung banyak makna) adalah Al-Allamah Al-Imamul Haramain (Syaikhul Islam Abul Ma'ali Dhiyauddin Abdul Malik Ibn Syekh Abu Muhammad Abdullah bin Yusuf bin Muhammad Al-Juwaini, lahir 18 Muharrom 419 H, wafat 478 H dalam usia 59 tahun). 

Beliau tinggal di Makkah dan Madinah selama 4 tahun, berfatwa dan mengajar serta mengumpulkan cara-cara Asy Syafi'i, sehingga beliau digelari Imamul Haramain. Kemudian beliau kembali ke Naisabur (Iran).

Al-Wazir Nidhomuddin membangunkan bagi beliau madrasah Nidhomiyyah di Naisabur, beliau berkhutbah dan duduk menasehati, berdiskusi serta mengajar di situ. Semua berjalan dengan baik selama 30 tahun tanpa ada yang menyaingi atau menentang beliau, berkhutbah dan mengajar serta pada hari Jum'at mengadakan majlis dzikir dan berdiskusi.

Namun ketika Al-Ghazali menjadi murid beliau, beliau sangat heran dengan kecerdasan Al-Ghazali, memuji dan merasa bangga kepadanya serta menjulukinya :

بحر مغرق / مغدق

Lautan yang menengelamkan/melimpah

Beberapa waktu setelah kitab pertama Al-Ghazali terbit pada 473 H yaitu al-Mankhul min Ta’liqat al-Ushul, Al-Juwani merasa tersaingi atas karya tulis muridnya itu.

Imam al-Haramain lantas mengatakan:

دفنتني وأنا حيٌّ، فهلا صبرت الان، كتابك غطَّى على كتابي .

"Kamu (al-Ghazali) telah menguburku padahal aku masih hidup, tak bisakah kamu bersabar sedikit, publikasikan bukumu setelah aku meninggal. Karena bukumu menutupi karya-karyaku."

Kitab karangan beliau yang lain diantaranya adalah Nihayatul Mathlab terdiri dari 40 jilid besar dan belum ada karangan seperti itu. 

Pada waktu beliau wafat, pasar-pasar ditutup dan murid-murid beliau pada waktu itu hampir 400 orang.

Wallaahu a'lam ....

- Dodi Elhasyimi -

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda