Hukum Memakai Baju Hitam Bagi Pelayat - HWMI.or.id

Tuesday 23 June 2020

Hukum Memakai Baju Hitam Bagi Pelayat



HUKUM MEMAKAI BAJU HITAM BAGI PELAYAT

Sebenarnya hukum memakai gaun hitam atau busana berwarna hitam lainnya ketika berta’ziyah dikembalikan kepada niat pemakainya. Jika tidak diniatkan untuk menunjukkan kemewahan atau ketidak ridhoan atas taqdir Tuhan, maka hukumnya boleh-boleh saja.

Dan begitu juga sebliknya, yang terpenting adalah tidak menganggap bahwa pakaian hitam sebuah kewajiban orang berta’ziyah. Dan boleh saja menggunakan baju berwarna selain hitam untuk ta’ziyah selama niatnya benar. Begitulah keterangan yang saya temukan dalam kitab al-Mausu’ah alfiqhiyyah juz 21 (ibarot kitabnya nanti di akhir saya cantumkan)

Ulama bersepakat untuk memperbolehkan istri yang ditinggal mati memakai busana hitam dalam konteks ihdad (batasan bagi istri yang ditinggal mati suami) ulama madzhab Hanafi melarang pakaian hitam selain suami/istri yang ditinggal mati. 

Begitu juga ulama madzhab Maliki yang memperbolehkan busana hitam bagi istri kecuali jika hitam itu dianggap mewah bagi masyarakat setempat. Adapun Imam qulyubi seorang ulama madzhab Syafi’I mengharamkan busana hitam (bagi istri yang ditinggal mati suami) apabila warna hitam dianggap mewah. 

Menurut Imam Nawawi seperti yang dinukil dari Imam Mawardi dalam kitab ‘Al-Hawi’ tentang pendapat mengenai pakaian hitam dalam kontek ihdad berkata: berbusana hitam ketika ta’ziyah apabila ditujukan sebagai tanda belasungkawa bagi peta’ziyah tidak diperbolehkan apabila terbersit niat penentangan atas taqir Tuhan Yang Maha Kuasa. Hal itu merupakan sesuatu yang buruk dan dibenci, seperti yang termaktub dalam sebuah hadits Nabi. Dan memakai kain hitam bagi seorang laki-laki dalam ta’ziyah hukumnya makruh.

Menurut pendapat dari Imam ‘Izzuddin bin Abdussalam dan Imam Romli adalah boleh dikarenakan pakaian hitam diperbolehkan oleh syari’at, kecuali jika dalam memakainya dimaksudkan untuk menyerupai orang-orang kafir, maka diharamkan. 

Pandangan Imam ‘Izzuddin bin Abdussalam, tasyabbuh yang dilarang oleh syari’at adalah penyerupaan dengan orang kafir dalam hal yang bertentangan dengan syari’at Islam dan bukanlah pada perkara yang sunnah, wajib atau mubah (boleh).

Adapun mengikuti acara orang selain Islam, maka jika itu adalah acara keagamaan dan bermaksud ikut mensyi’arkan agama mereka, maka dihukumi murtad (keluar dari Islam).

■Kesimpulan
▪︎Boleh memakai baju berwarna hitam ketika melayat jika tidak diniatkan untuk menunjukkan kemewahan atau ketidak ridhoan atas taqdir Tuhan.
▪︎Jika niat memakai baju hitam untuk mengikuti tradisi orang kafir dan niat untuk mensyiarkan tradisi mereka maka hukumnya haram

Sumber:

1. Kitab al-Mausu’ah alfiqhiyyah juz 21:

لبس السواد فى الحداد اتفق الفقهاء على انه يجوز للمتوفى عنها زوجـها لبس السواد من الثياب... ومنع الحنفية لبس السواد فى الحداد على غير الزوج وقال المالكية ان المحد يجوز لها ان تلبس الأسود الا اذا كانت ناصعة البياض او كان الاسود زينة قومـها وقال القليوبي من الشافعية اذا كان الاسود عادة قومـها فى التزين به حرم لبسه ونقل النووي عن الماوردي انه اورد فى "الحاوى" وجـها يلزمـها السواد فى الحداد. لبس السواد فى التعزية : اتفق الفقهاء على ان تسويد الوجه حزنا على الميت من أهله او من المعزين لايجوز لما فيه من اظهار للجزع وعدم الرضا بقضاء الله وعلى السخط من فعله مما ورد النهي عنه فى الاحاديث وتسويد الثياب للتعزية مكروه للرجال ولابأس به للنساء اماصبغ الثياب أسود أو أكهب تأسفا على الميت فلايجوز عاى التفصيل السابق

2. Kitab Fatawa izzudin bin Abdussalam

فتاوى عز الدين بن عبد  السلام ص 45
مسألة : من المراد بقول الفقهاء (زي الأعاجم) من هم الأعاجم ؟ وما الفرق بين “الأعاجم” و”العجم” عندكم ؟ الجواب : المراد بالأعاجم الذين نهينا عن التشبه بهم كأتباع الأكاسرة في ذلك الزمان ويختص النهي بما يفعلونه على خلاف مقتضى شرعنا ، وما فعلواه على وفق الندب او الإيجاب او الإباحة في شرعنا فلا بترك لأجل تعاطيهم اياه، فإن الشرع لا ينهى عن التشبه بمن بفعل بما أذن الله تعالى.

( ustadz Abdul Azis)

www.hwmi.or.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda