Sekjend PBNU: Muktamar NU Ke-34 Mundur Satu Tahun Ke Depan - HWMI.or.id

Saturday 18 July 2020

Sekjend PBNU: Muktamar NU Ke-34 Mundur Satu Tahun Ke Depan





Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memutuskan bahwa Muktamar ke-34 NU tahun ini akan ditunda dan akan dilaksanakan pada tahun 2021. Keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda serta memperlihatkan grafik yang cenderung terus meningkat.

Sekjen PBNU, KH. Helmy Faishal Zaini menjelaskan bahwa kepastian pelaksanaan Munas Alim Ulama akan diputuskan kembali. Adapun Muktamar ke-34 NU ditunda tahun depan.

“PBNU memutuskan Munas-Konbes NU 2020 ditunda dalam waktu yang belum ditentukan. Dan Muktamar ke-34 NU mundur satu tahun ke depan,” ungkapnya setelah PBNU mengadakan Rapat Harian Syuriyah-Tanfidziyah di Gedung PBNU.

Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar yang mengikuti rapat tersebut dari Surabaya berpesan agar semua keputusan yang dikeluarkan memberikan kemaslahatan bersama. Selain itu, penting pula menampung aspirasi kepengurusan NU di seluruh daerah.
Kiai Miftah berharap jajaran pengurus harian tetap mengedepankan pertimbangan yang matang dalam hal apapun. “Mudah-mudahan ini memberikan kemaslahatan bersama,” kata Kiai Miftachul Akhyar

Rapat Harian Syuriyah-Tanfidziyah PBNU
Pada awalnya, Munas Alim Ulama direncanakan dilaksanakan pada 18-19 Maret 2020 lalu di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah. 

Adapun Muktamar ke-34 NU rencananya juga akan dilangsungkan pada 22-27 Oktober 2020 mendatang di Provinsi Lampung.

PBNU menilai perlu pertimbangan lebih mendalam. Hal itu pula yang mendasari keputusan menunda dua agenda besar warga NU tersebut. Menurut Kiai Helmy, meski begitu tempat Munas NU masih dimungkinkan berlangsung di Pesantren Sarang. Kemudian, Provinsi Lampung pun masih menjadi tuan rumah Muktamar ke-34 NU.

“Kita sangat berhati-hati dalam memutuskan persoalan. Apalagi hal ini menyangkut kesehatan orang banyak,” pungkas Kiai Helmy. (Ahn)

www.hwmi.or.id

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda