Merasakan Nikmatnya Dzikr - HWMI.or.id

Wednesday 6 January 2021

Merasakan Nikmatnya Dzikr

 
“Hendaknya kita membangun jiwa dengan senantiasa berdzikir menyebut asmaNya.

Dengan begitu secara tidak langsung, kita selalu diingatkan bahwa diri kita sedang dilihat dan didengar oleh Allah,” terang Habib Luthfi bernada harap.

Pada taraf awal, mungkin belum bisa merasakan hasilnya. Namun ketika terus-menerus merasa dilihat dan di dengar Tuhan, tentu akan timbul perubahan dalam diri.

Seperti halnya seorang pesilat. Karena kerap berlatih, maka sensor refleksnya menjadi hidup. “Ketika terpeleset, sembilan puluh persen dia akan selamat tanpa cidera. Sementara yang tak pernah latihan, akan lebih banyak cideranya ketimbang selamatnya,”ujar Beliau membandingkan.

Latihan-latihan semacam itulah, yang akan melahirkan rasa syukur atas segala karunia yang telah diberikanNya. Dan salah satu aplikasi dari rasa syukur itu, adalah dengan menjaga agar indera kita selalu mengerjakan kebaikan dan kebenaran.

Yakni dengan menjaga mata dari pandangan yang buruk, menjaga mulut dari ucapan yang kurang baik, dan seterusnya. “Mata, mulut, telinga dan seluruh anggota tubuh itu bisa dilatih. Demikian pula dengan hati. Cara menjaganya, adalah dengan selalu berprasangka baik terhadap orang lain,” tutur Habib Luthfi memberikan resep.

اللهم جملنا بالعافية والسلامة وحققنا بالتقوى والاستقامة

#DawuhUlama
#DawuhKyai
#NahdlatulUlama
#HubbulWathonMinalIman

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda