Alasan Erick Tunjuk Ketum PBNU KH. Said Aqil Siroj Jadi Komut KAI - HWMI.or.id

Wednesday 3 March 2021

Alasan Erick Tunjuk Ketum PBNU KH. Said Aqil Siroj Jadi Komut KAI

 Alasan Erick Tunjuk Ketua PBNU KH. Said Aqil Jadi Komut KAI

Penunjukan Said Aqil sebagai Komut KAI oleh Menteri BUMN Erick Thohir disebut karena pengalamannya di ICDX dan panutan umat di PBNU. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).


Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga membeberkan dua alasan Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) KH.Said Aqil Siradj sebagai Komisaris Utama PT KAI (Persero).

Pertama, karena pengalamannya yang dianggap mumpuni. Pengalamannya menjabat sebagai Komisaris Utama Bursa Komoditas dan Derivatif Indonesia atau Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) disebut Arya akan bermanfaat bagi KAI.

"Jadi kan kiai Said Aqil Siradj juga adalah Komisaris Utama dari ICDX. Jadi, beliau sudah punya pengalaman yang banyak mengenai bisnis jadi bukan sesuatu yg baru bagi beliau, beliau paham jalan sebuah pasar, perusahaan, dan sebagainya," kata Arya dalam rilis, dikutip Kamis (4/3).


Alasan lainnya, lanjut dia, sosok Yai Said di PBNU yang menjadi panutan umat juga diperlukan di BUMN transportasi itu.

"Kita butuh tokoh umat di KAI dan BUMN, jadi beliau bisa membangun nilai kebangsaan di BUMN," tambahnya.

Seperti diketahui, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Yai Said Aqil Siradj diangkat menjadi Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Hal tersebut disampaikan Riza Primadi yang juga ditunjuk sebagai komisaris perusahaan tersebut.


Pengumuman dibuat berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-64/MBU/03/2021.

Selain mengangkat Yai Said Aqil Siradj sebagai komisaris utama merangkap sebagai komisaris independen, KAI menyatakan ada empat nama baru.

1. Riza Primadi (Komisaris Independen)

2. Rochadi (Komisaris Independen)

3. Diah Natalisa (Komisaris)

4. Chairul Anwar (Komisaris)


Di luar nama-nama tersebut, ada pula tiga figur yang sebelumnya telah duduk di kursi komisaris, yakni Pungky Sumadi, Cris Kuntadi, Freddy Harris.

Sehingga susunan Dewan Komisaris KAI saat ini menjadi Yai Said Aqil Siradj, Pungky Sumadi, Cris Kuntadi, Freddy Harris, Riza Primadi, Rochadi, Diah Natalisa, dan Chairul Anwar.

"Kami mengucapkan selamat kepada Yai Said Agiel Siradj, Riza Primadi, Rochadi, Diah Natalisa, dan Chairul Anwar. Semoga dapat membawa kemajuan bagi perkeretaapian Indonesia," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Rabu (3/3).


(wel/bir/CNN Indonesia)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda