Sama Dengan MUI,NU,Muhammadiyah, PGI & MATAKIN: Frasa Budaya Dalam PJPN Tak Bisa Gantikan Frasa Agama - HWMI.or.id

Tuesday 9 March 2021

Sama Dengan MUI,NU,Muhammadiyah, PGI & MATAKIN: Frasa Budaya Dalam PJPN Tak Bisa Gantikan Frasa Agama

 MATAKIN dan PGI Juga Protes Hilangnya Frama Agama dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035



Perdamaian Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) juga senada dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah, yang tidak setuju penghapusan frasa agama dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. PGI menegaskan bahwa frasa agama tidak bisa digantikan oleh frasa budaya dan akhlak.


‘’Agama tidak bisa diwakilkan, agama ada di ruang yang tak tergantikan, itu ruang sakral,’’ ujar Sekretaris Eksekutif Bidang Keadilan dan Perdamaian PGI Henrek Lokra dikutip dari Republika, Senin (8/3/2021).


Henrek mengungkapkan bahwa agama harus lebih menekankan pada budi pekerti sehingga agama tidak diartikan sebagai penekanan pada doktrin, apalagi berteologi dan menentukan pandangan.


‘’Pendidikan keagamaan lebih tepat diberikan keleluasaan pada lembaga keagamaan yang lebih memahami doktrin atau dogma keagamaannya,’’ ucap Henrek.


Ketua Kehormatan Matakin Uung Sendana menegaskan bagaimanapun frasa akhlak dan budaya sangat berbeda dengan agama, meskipun saling mempengaruhi.


Menurutnya, frasa budaya memang dipandang baik, khususnya demi pendidikan yang berkebudayaan. Namun, mengenai frasa akhlak, ia menyarankan agar diperbaiki menjadi pendidikan agama dengan penekanan pada akhlak mulia atau budi pekerti luhur.


‘’Karena akhlak mulia atau budi pekerti luhur pun berkaitan erat dengan nilai-nilai kebajikan dalam agama,’’ jelas Uung.


Uung menyatakan, pendidikan agama di Indonesia sangat diperlukan. Meskipun, titik berat pengajaran ia sarankan untuk diubah.


‘’Hal ini selaras dengan Indonesia sebagai negara beragama, bukan sekuler atau teokratis,’’ ucapnya.

(Islamkaffah.id)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda