Hadrotussyaikh KH Hasyim Asy'ari Menyorot Gereja Atau Rumah Ibadah Lain - HWMI.or.id

Friday 7 May 2021

Hadrotussyaikh KH Hasyim Asy'ari Menyorot Gereja Atau Rumah Ibadah Lain

 Hadrotussyaikh KH Hasyim Asy'ari Menyorot Gereja Atau Rumah Ibadah Lain

Oleh: Abdul Kholiq



Tulisan ini hendak meluruskan pemahaman atas Risalah Ahl as-Sunnah wa al-Jama'ah Hadratusy Syaikh KH. M. Hasyim Asy'ari menyusul ramainya perbincangan tentang seorang tokoh agama yang datang ke gereja.


Memasuki gereja atau rumah ibadah agama lain acap kali menjadi bahan diskusi hangat dalam kajian hukum Islam, apakah ia masuk dalam ranah riddah sehingga pelakunya dinyatakan keluar dari agama Isslam (murtad) atau tidak, dalam artian pelakunya tetaplah muslim.

Yang sedang hangat di negeri ini adalah adanya golongan yang membawa ibarot atau teks Risalah Ahl as-Sunnah wa al-Jama'ah karya Hadratusy Syaikh sebagai justifikasi bahwa setiap orang yang memasuki gereja adalah murtad; keluar dari agama Islam.


Berikut adalah teks tersebut:


قال في الأنوار: و يقطع بتكفير كل قائل قولا يتوصل به إلى تضليل الأمة وتكفير الصحابة وكل فاعل فعلا لايصدر إلا من كافر كالسجود للصليب أو النار أو المشي إلى الكنائس مع أهلها بزيهم من الزنانير وغيرها وكذا من أنكر مكة أو الكعبة أو المسجد الحرام إن كان ممن يظن به علم ذلك وممن خالط المسلمين (ص. ١٤)


Dalam kitab al-Anwar dijelaskan bahwa status kafir itu disematkan bagi:


1. Setiap orang yang perkataannya bisa mengarah kepada penyesatan umat Islam dan mengkafirkan sahabat.


2. Setiap orang yang perbuatannya merupakan perbuatan yang hanya dilakukan oleh orang kafir. Hal ini diperjelas dengan contoh, yaitu:


a. Sujud kepada salib.


b. Sujud kepada api.


c. Pergi ke gereja beserta umat Nasrani dengan menggunakan atribut keagamaan mereka seperti sabuk dan lain-lain.


3. Setiap orang yang mengingkari Makkah atau Ka'bah atau Masjidil Haram.


Status kafir ini jatuh jika pelaku hal-hal di atas mengetahui keharaman ucapan dan perbuatannya dan ia termasuk orang-orang yang memiliki pergaulan dengan umat muslim.

Ketika teks di atas, tepatnya poin ke 2 bagian c, dipahami secara umum dan mutlak bahwa setiap orang yang pergi ke gereja adalah murtad, benarkah pemahamannya?


Berikut pandangan kami dalam memahami teks di atas: “Bagian c dalam poin ke 2, tidak boleh dilepaskan dari alasan utama pengafiran, yaitu melakukan perbuatan yang hanya dilakukan oleh orang kafir. Ini poin utamanya. Sehingga jika kedatangan muslim di gereja tidak melakukan sesuatu yang dipandang bisa menggugurkan keislamannya maka ia tetaplah muslim.”

Hal tersebut menjadi lebih gamblang manakala kita merujuk kepada kitab yang disebutkan oleh Hadratusy Syaikh, yaitu Al-Anwar. Yang dimaksud dengan kitab ini adalah Al-Anwar li A'mal al-Abrar; sebuah kitab fikih mazhab Imam asy-Syafi'i yang tersusun dalam 3 jilid. Kitab ini ditulis oleh Al-Alim Al-Fadhil Al-Imam Al-Kamil Yusuf bin Ibrahim Al-Ardabili.


Sang pengarang menuliskan ibarot di atas ketika membahas Kitab ar-Riddah di Jilid ke 3 halaman 273-286 di cetakan pertama Dar al-Dhiya Tahun 2006. Sebelum beliau masuk pada ibarot yang dikutip Hahdrotusy Syeikh, beliau juga menulis:


ولو دخل بيعة أو كنيسة وأقام فيهما لم يكفر ولم يعص


“Jika seseorang memasuki gereja dan menetap di sana maka ia tidaklah kafir dan juga tidak dinilai bermaksiat.”


Dari sini, tentu salah fatal jika ibarot setelahnya yang dikutip oleh Hadratusy Syaikh dipahami dengan justifikasi kafir bagi setiap orang yang memasuki gereja.

Pemahaman yang benar menurut kami adalah penyematan status kafir tidaklah hanya karena memasuki gereja melainkan karena ia melakukan sesuatu yang hanya dilakukan oleh orang kafir sebagaimana yang telah dijelaskan dalam gambaran-gambaran contoh di atas.


Jika kita tarik di masa kekhalifahan Sayyidina Umar bin Khattab, kita dapati beliau pun juga pernah memasuki gereja di Baitul Maqdis. Bahkan beliau menuliskan al-‘Uhdah al-Umariyyah sebagai simbol toleransi umat Muslim kepada Non-Muslim. Hal ini bisa kita lihat di antaranya dalam at-Tasamuh fi al-Islam yang ditulis oleh Dr. Syauqi Abdul Kholil. Beranikah kita mengatakan beliau telah keluar dari Islam? Na'udzu billah min dzalik

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda