Gus Nabil: NU Tidak Masuk Lingkaran Kekuasaan - HWMI.or.id

Thursday 10 June 2021

Gus Nabil: NU Tidak Masuk Lingkaran Kekuasaan

 Gus Nabil: NU Tidak Masuk Lingkaran Kekuasaan

Juru Bicara Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Gus Muchamad Nabil Haroen kembali mengingatkan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi Islam dan kemasyarakatan yang tidak masuk lingkaran kekuasaan.

NU merupakan organisasi yang mengawal aspirasi warga Nahdliyin dengan nilai tasamuh (toleransi), tawasuth (jalan tengah), itidal (adil), dan nilai-nilai moral yang bersumber dari khazanah pesantren.

Pernyataan yang disampaikan Gus Nabil ini menanggapi saran dari Koordinator Gerakan Indonesia Bersih Adhie Massardi agar NU balik badan dengan tidak lagi mendukung pemerintah.

Menurut Massardi, upaya tersebut perlu dilakukan untuk menyelamatkan Nahdliyin dari narasi negatif atas sejumlah kegagalan pemerintah yang merembet ke NU.

“Pernyataan Adhie Massardi kurang tepat jika dilihat secara keseluruhan. Saat ini, NU tidak masuk di lingkaran kekuasaan. NU tetap pada prinsipnya sebagai organisasi Islam dan kemasyarakatan,” terang Gus Nabil, Selasa (8/6).

NU kata Gus Nabil ,saat ini berada di posisi tengah. Sehingga tidak perlu untuk balik badan sebagaimana disampaiakan Adhie. Menurutnya, NU tidak melulu mendukung kerja pemerintah. Kerap kali NU juga memberi saran dan kritik yang terukur.

“Seraya mendukung kebijakan-kebijakan yang berdampak baik pada umat. Seraya, mengkritik pemerintah untuk mendukung pemerataan ekonomi melalui program-program strategis dan peningkatan sumber daya manusia,” kata Gus Nabil dalam keterangan yang diterima Dakwah NU.

Sebelumnya, Mantan Jurubicara Presiden Abdurahman Wahid, Adhie M. Massardi mengurai bahwa NU kerap menjadi bulan-bulanan publik atas terseok-seoknya roda pemerintahan. Padahal kata Adhie, saat ini bukan rezim NU.

Adhie memberi contoh. Hampir semua BUMN merugi. Tidak terkecuali yang primadona seperti PLN, Garuda, KAI dan Pertamina. Tetapi yang jadi bulan-bulanan publik, terutama di dunia maya adalah tokoh-tokoh NU. (red/dakwahnu.id)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda