Dinilai Menistakan Agama, PBNU Desak Polisi Menindak Hukum Muhammad Kace - HWMI.or.id

Sunday 22 August 2021

Dinilai Menistakan Agama, PBNU Desak Polisi Menindak Hukum Muhammad Kace

Dinilai Menistakan Agama, PBNU Desak Polisi Menindak Hukum Muhammad Kace

Di kutip dari dakwahnu.id, pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai pernyataan Youtuber Muhammad Kace mengandung unsur ujaran kebencian (hate speech). Untuk itu, PBNU mendesak pihak kepolisian melakukan tindakan hukum kepada Muhammad Kece.

“Sehubungan dengan beredarnya pernyataan dari seorang yang bernama Muhammad Kace, yang dalam pandangan kami pernyataannya ini telah memenuhi unsur hatespeech atau ujaran kebencian terhadap satu agama. Maka kami menyampaikan kami mengecam keras pernyataan keras dari Muhammad Kece karena ini dapat memanggung kerukunan umat beragama yang telah dibangun selama ini yang luar biasa indahnya,” tegas Sekjen PBNU Gus Helmy Faishal Zaini, Sabtu (21/8/21).

Beliau mendesak aparat kepolisian agar segera mengusut tuntas, menegakkan hukum dan memberikan keadilan atas kasus ini.

“Yang kedua mendesak kepada aparat keamanan, kepada kepolisian untuk mengusut tuntas penegakan hukum dan perundang-undangan secara adil atas kasus saudara Muhammad Kece ini,” jelasnya.

Sesama umat beragama, Gus Helmy menekankan bahwa harus ada sikap saling menghargai serta menghormati. Jangan sampai karena berbeda paham, agama, pikiran dan pandangan kemudian menimbulkan perpecahan, kebencian dan permusuhan.

“Terakhir marilah kita senantiasa terus menghidupkan spirit moderasi dalam beragama bahwa kita adalah bangsa yang teladan yang saling menghormati satu sama lainnya dan marilah jaga selalu persatuan,” ajaknya.

Pernyataan Muhammad Kace yang Diduga Menistakan Agama

Dalam video yang memperlihatkan ceramah Muhammad Kace, Ia tampak mengganti kata ‘Muhammad’ menjadi ‘Yesus’.

“Assalamualaikum, warrahmatuyesus wabarakatu,” ucap Muhammad Kece di dalam video yang diunggahnya di channel YouTube.

Tak hanya dalam ucapan salam saja, Muhammad Kece juga mengubah beberapa kalimat dalam ajaran Islam yang menyebut nama Nabi Muhammad SAW. Hal itu diucapkan Muhammad Kece layaknya seorang muslim sedang menyampaikan khutbah. Namun beberapa kalimatnya diselewengkan.

“Alhamduyesus hirabbilalamin, segala puji dinaikkan kehadiran Tuhan Yesus, bapak di surga yang layak dipuji dan disembah,” tutur Muhammad Kece sebelum memulai pidatonya.

Atas hal ini, Pengurus MUI pun telah mengecam YouTuber Muhammad Kece. Ucapannya dalam sejumlah video yang beredar di YouTube dinilai telah menistakan agama Islam. (fbr)

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda