Buya Syafii Ma'arif: Jangan Mudah Percaya, Indonesia Harus Waspada Taliban! - HWMI.or.id

Monday 6 September 2021

Buya Syafii Ma'arif: Jangan Mudah Percaya, Indonesia Harus Waspada Taliban!

Buya Syafii Ma’arif: Jangan Mudah Percaya, Indonesia Harus Waspada Taliban!

Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif buka suara soal kemenangan rekam jejak Taliban. Karena itu, ia berpesan agar Indonesia lebih waspada pada Taliban.

Menurut Buya Syafii, kelompok Taliban selama berkuasa di Afganistan pada 1996-2001 membawa kesulitan ke muka bumi.

Dikutip dari suaraislam.co yang mengutip dari Suara.com, Ia meminta Pemerintah Indonesia tak perlu tergesa-gesa menjalin hubungan dengan Taliban yang kembali berkuasa di Afganistan.

Buya Syafii juga menyarankan, Indonesia tidak mudah percaya janji-janji Taliban, Padahal, mereka berjanji meniadakan konflik, amnesti kepada mereka yang berseberangan, sekaligus memuliakan kaum perempuan.

“Bagi saya begini, kita wait and see dulu. Kan katanya mau berubah, tapi kan belum tampak buktinya. Kita tunggu bukti dulu,” kata Buya Syafii.

Buya pun mengaku masih mengingat kekejaman rezim militan Taliban sepanjang 1996-2001. Genosida hingga pengekangan peran perempuan terjadi sepanjang ideologi Taliban berkuasa menjadi pertimbangan pemerintah Indonesia.

“Tahun 1996-2001 itu parah sekali, parah sekali,” tuturnya.

“Berkuasa lima tahun itu Taliban membawa ‘keping neraka’ ke muka bumi. Semestinya kalau yang pakai (nama) Islam, membawa ‘keping surga’ ke muka bumi. Jangan dibalik-balik begitu. Orang yang tidak paham Islam itu menarik (kesimpulan) ini Islam, repot. Islam tidak seperti ini,"ungkapnya.

Ia pun beranggapan saat negara-negara kuat seperti Amerika Serikat (AS) dan sekutunya mengambil langkah keras, Cina dan Rusia mempertontonkan kedekatannya.

“Kalau Rusia dan China saya rasa itu dalam rangka melecehkan Amerika, lebih banyak ke sana saya lihat. Karena walaupun Uni Soviet hancur, tapi antara Rusia dan Amerika perang dingin diam-diam masih ada, walaupun secara resmi sudah tidak. Tapi itu mereka berlomba-lomba merebut ekonomi dunia,” kata Buya Syafii

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda