Gus Dur Muslim Nahdliyin Tulen - HWMI.or.id

Sunday 12 September 2021

Gus Dur Muslim Nahdliyin Tulen

 

GUS DUR MUSLIM NAHDLIYIN

Oleh: Ayik Heriansyah

Nama Gus Dur seringkali dibawa-bawa oleh kelompok minoritas ketika konflik dengan mayoritas umat Islam. Kegigihan Gus Dur membela hak-hak kemanusiaan dan kewarganegaraan minoritas non muslim dan non NU, kadang membuat mereka ke-geer-an. 

Sebagaimana lazimnya tokoh NU, Gus Dur selalu bersikap proporsional. Membela hak-hak kemanusiaan dan kewarganegaraan kelompok minoritas bukan berarti Gus Dur mengakui, menerima, mengamalkan, mengajarkan dan mendakwahkan ajaran-ajaran dari kelompok minoritas. 

Kelompok-kelompok minoritas tidak bijaksana, ketika mempolitisasi sikap humanis dan kenegarawan Gus Dur. Gus Dur dihadap-hadapkan dengan umat Islam yang lain. Digiring seolah-olah di mata orang awam, Gus Dur membenarkan ajaran-ajaran dari mereka.

Gus Dur bukan dalil pembenar dari ajaran kelompok-kelompok minoritas. Jika ajaran dari kelompok-kelompok minoritas itu benar, maka Gus Dur telah lama meninggalkan keislaman dan menanggalkan ke-NU-annya.

Yang benar adalah bahwa Gus Dur dalil bagi kita untuk melindungi hak-hak kemanusiaan dan kewarganegaraan kelompok-kelompok minoritas. Tidak lebih dari itu. 

Sampai akhir hayatnya, Gus Dur seorang muslim dan nahdliyin. Gus Dur tidak pernah menjadi Kristen, Yahudi, Hindu, Budha, Konghucu, Ahmadiyah atau Syi'ah. 

Sikap Gusdur Terhadap Ahmadiyah 👇

https://www.nu.or.id/post/read/12135/gus-dur-mengaku-tak-setuju-ajaran-ahmadiyah

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda