Ketua PP GP Ansor: Pernyataan Gus Yaqut soal Kemenag untuk Motivasi Kader NU - HWMI.or.id

Tuesday 26 October 2021

Ketua PP GP Ansor: Pernyataan Gus Yaqut soal Kemenag untuk Motivasi Kader NU

Ketua PP GP Ansor: Pernyataan Gus Yaqut soal Kemenag untuk Motivasi Kader NU

Ketua PP GP Ansor, Rahmat Hidayat Pulungan, memberikan komentar terkait pernyataan Gus Yaqut yang menyebut Kemenag merupakan hadiah negara untuk NU, bukan umat Islam.

Menurutnya, pernyataan tersebut ditujukan untuk memotivasi NU dan santri. Gus Yaqut, kata dia, bicara di forum webinar yang digelar RMI PBNU dalam peringatan Hari Santri Rabu (20/10). Rahmat mengeklaim santri identik dengan NU.

“Yang namanya santri itu kan identik dengan NU, Menteri Agama yang juga Ketum GP Ansor sudah pasti kader NU. Jadi wajar kalau Menag memberikan motivasi kepada santri dan NU dengan segala kebesarannya harus bisa menjadi penggerak kemajuan dan pemersatu bangsa,” ucap Rahmat dalam rilisnya, Senin (25/10) seperti dikutip dari kumparan.com.

Rahmat menyebut Kemenag selalu identik dengan NU, meski selama orde baru terpinggirkan. Banyak lembaga pendidikan NU tidak diakui oleh negara dalam hal ini Kementerian Agama.

“Tindakan ini kan diskriminatif, padahal kontribusi pesantren kepada bangsa dan negara luar biasa. Maka sepantasnya kalau Menag dari NU harus bisa mengafirmasi apa yang menjadi kebutuhannya dalam konteks meningkatkan kualitas SDM pesantren dan madrasah,” tuturnya.

“Justru saya melihat statement Menag ini menjawab atas permintaan Ketum PBNU kepada pemerintah yang meminta semua jabatan agama di Indonesia diberikan ke NU.” imbuhnya

Dia justru heran pernyataan Gus Yaqut turut dikritik oleh Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini, yang menyebut pernyataan Gus Yaqut tidak pas dan kurang bijak.

“Menag kan bicara begini karena di Forum Hari Santri, yang ngundang pun RMI PBNU. Jadi kalau pernyataan ini diributkan oleh Sekjen PBNU kita malah bingung. Ini kok enggak nyambung antara Ketum dengan Sekjennya,” ujarnya.

“Gus Yaqut ini kan representasi kader NU, selama menjadi Menag banyak mendapatkan apresiasi dari publik dengan segala gagasan dan tindakan. Publik yang tadinya pesimis dengan eksistensi kader NU sekarang malah optimis dan respek kepada kader NU karena dilihat bisa kerja,” klaim Rahmat.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda