Penceramah Bukan Ahli Ilmu - HWMI.or.id

Tuesday 22 February 2022

Penceramah Bukan Ahli Ilmu

  


ﻭﻋﻦ ﺣﺰاﻡ ﺑﻦ ﺣﻜﻴﻢ ﺑﻦ ﺣﺰاﻡ، ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ، ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻗﺎﻝ: " «ﺇﻧﻜﻢ ﻗﺪ ﺃﺻﺒﺤﺘﻢ ﻓﻲ ﺯﻣﺎﻥ، ﻛﺜﻴﺮ ﻓﻘﻬﺎﺅﻩ ﻗﻠﻴﻞ ﺧﻄﺒﺎﺅﻩ، ﻛﺜﻴﺮ ﻣﻌﻄﻮﻩ، ﻗﻠﻴﻞ ﺳﺆاﻟﻪ، اﻟﻌﻤﻞ ﻓﻴﻪ ﺧﻴﺮ ﻣﻦ اﻟﻌﻠﻢ، ﻭﺳﻴﺄﺗﻲ ﺯﻣﺎﻥ ﻗﻠﻴﻞ ﻓﻘﻬﺎﺅﻩ ﻛﺜﻴﺮ ﺧﻄﺒﺎﺅﻩ، ﻭﻛﺜﻴﺮ ﺳﺆاﻟﻪ، ﻗﻠﻴﻞ ﻣﻌﻄﻮﻩ، اﻟﻌﻠﻢ ﻓﻴﻪ ﺧﻴﺮ ﻣﻦ اﻟﻌﻤﻞ» ".

Dari Hizam bin Hakim bin Hizam, dari ayahnya, bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Sungguh kalian (para Sahabat) berada di sebuah masa yang banyak ahli agamanya dan sedikit penceramahnya, banyak yang memberi dan sedikit yang meminta-minta. Di masa itu amal lebih utama dari pada ilmu.

Akan datang suatu masa sedikit ahli agamanya dan banyak penceramahnya, sedikit yang memberi dan banyak yang meminta-minta. Di masa tersebut ilmu lebih utama dari pada amal"

ﺭﻭاﻩ اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ ﻓﻲ اﻟﻜﺒﻴﺮ، ﻭﻓﻴﻪ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﺮﺣﻤﻦ اﻟﻄﺮاﺋﻔﻲ، ﻭﻫﻮ ﺛﻘﺔ ﺇﻻ ﺃﻧﻪ ﻗﻴﻞ ﻓﻴﻪ: ﻳﺮﻭﻱ ﻋﻦ اﻟﻀﻌﻔﺎء، ﻭﻫﺬا ﻣﻦ ﺭﻭاﻳﺘﻪ ﻋﻦ ﺻﺪﻗﺔ ﺑﻦ ﺧﺎﻟﺪ، ﻭﻫﻮ ﻣﻦ ﺭﺟﺎﻝ اﻟﺼﺤﻴﺢ.

Hadis riwayat Thabrani dalam Mu'jam Kabir, di dalamnya terdapat Utsman bin Abdurrahman Tharaifi, ia terpercaya. Namun ada yang mengatakan bahwa ia meriwayatkan dari para perawi dlaif. Riwayat ini adalah dari Shadaqah bin Khalid, ia termasuk perawi hadis Sahih [Majma' Az-Zawaid]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda