Seberapa Kebal Anggota Komponen Cadangan (KOMCAD) Terhadap Virus Radikalisme? - HWMI.or.id

Tuesday 10 May 2022

Seberapa Kebal Anggota Komponen Cadangan (KOMCAD) Terhadap Virus Radikalisme?

SEBERAPA KEBAL ANGGOTA KOMPONEN CADANGAN (KOMCAD) TERHADAP VIRUS RADIKALISME?

Oleh Ayik Heriansyah

3103 orang anggota komponen cadangan (komcad) telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 7 Oktober 2021 yang lalu. Masa aktif kemiliteran komcad pada saat latihan dan mobilisasi serta panggilan khusus oleh negara. Selain itu, semua anggota komcad kembali ke profesi masing-masing sebagai warga sipil.

Oleh karenanya, pengawasan, kontrol dan kendali terhadap anggota komcad tidak seketat seperti tentara reguler yang dinas militer tiap hari dan mempunyai kesatuan. Dalam konteks radikalisme, hal ini menjadi titik kerawanan tersendiri. Apakah selama menjalani masa sipil, anggota komcad tidak bersentuhan dengan radikalisme?

Baca juga: https://www.hwmi.or.id/2022/05/ustadz-wahabi-haramkan-bedug-ini.html

Selama seseorang menggunakan hand phone seluler yang tersambung dengan jaringan internet, sedikit banyak akan bersentuhan dengan radikalisme, karena radikalisme di media daring dan media sosial begitu massif. 

Meskipun demikian, bersentuhan dengan radikalisme tidak otomatis membuat orang langsung terpapar paham radikal. Hal ini  tergantung kepada kekebalan (imunitas) ideologi di dalam dirinya. 

Lolos seleksi masuk komcad dan lulus sebagai anggota komcad, menunjukkan bahwa 3103 orang tersebut bersih dari paham radikal. Akan tetapi, apakah mereka tetap bersih dari paham radikal setelah kembali menjadi sipil pasca penetapan sebagai anggota komcad?

Memang sependek pengetahuan saya, belum ada penelitian tentang radikalisme di komcad. Seharusnya ada, mengingat hampir semua anggota komcad menggunakan hp yang terhubung dengan jaringan internet, sebagai indikasi awal  yang menunjukkan ada potensi anggota komcad bersentuhan dengan radikalisme.

Penelitian lebih lanjut, tentang hubungan anggota komcad dengan orang-orang radikal baik yang berafiliasi dengan kelompok radikal maupun yang tidak, di keluarga, lingkungan masyarakat dan tempat kerja.

Baca juga: https://www.hwmi.or.id/2022/05/gp-ansor-lampung-meminta-penyebar-hoaks.html

Sangat penting untuk memastikan anggota komcad steril dari radikalisme sebelum mereka kembali melaksanakan dinas militer dalam bentuk latihan militer dan mobilisasi dalam rangka bela negara. Jika tidak, sangat berbahaya. Anggota komcad yang terpapar radikalisme, dikhawatirkan alih-alih menjadi pasukan cadangan yang membantu TNI mempertahankan negara, nanti malah bermutasi menjadi "tentara khilafah" yang liar dan terlatih.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda