Gus Yaqut: Yang Demo Sudah Update Perkembangan RUU HIP Belum? - HWMI.or.id

Wednesday 24 June 2020

Gus Yaqut: Yang Demo Sudah Update Perkembangan RUU HIP Belum?


Gus Yaqut: Yang Demo Sudah Update Perkembangan RUU HIP Belum?

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yaqut Cholil Qoumas mengaku tidak paham apa agenda dari aksi yang digelar kelompok yang mengatasnamakan Aliansi Nasional Anti Komunisme (ANAK) NKRI di depan gedung DPR, Rabu (24/6/2020).

Dia mempertanyakan, jika aksi yang digalang sejumlah ormas Islam seperti GNPF Ulama, PA 212, dan FPI tersebut mempersoalkan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP), apakah pengunjuk rasa telah memahami benar tentang perkembangan dari RUU HIP  

“Saya tidak tahu, apakah yang demo hari ini tidak meng-update perkembangan atau ada agenda lain di balik itu?” kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya, Rabu (24/6/2020). “Dalam setiap diskursus ideologi itu, yang tidak dikatakan seringkali jauh lebih penting dari yang diucapkan,” timpal anggota Fraksi PKB ini.

Menurut Gus Yaqut, sejumlah fraksi di DPR telah memberikan pernyataan keras untuk menolak pembahasan. Artinya, bisa disimpulkan bahwa pembahasan RUU ini tidak akan dilanjutkan lagi.

“Terkait dengan RUU HIP, saya kira dari sikap-sikap fraksi sudah tergambar bagaimana nasib pembahasannya,” ujar Gus Yaqut seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL. Pembahasan RUU HIP bisa dilanjutkan atau dihentikan sama sekali, lanjutnya, bergantung pada persetujuan bersama antara DPR dan pemerintah.

Gus Yaqut meyakini DPR akan mendengarkan aspirasi rakyat, terutama organisasi kemasyarakatan (ormas) besar di Indonesia dalam memutuskan nasib RUU HIP.

“Saya melihat ada kemauan kuat dari fraksi-fraksi yang ada DPR untuk mengkaji lebih dalam dan mendengarkan pendapat publik sebagaimana yang sudah disuarakan NU, Muhammadiyah, MUI, dan ormas-ormas besar lainnya,” pungkas Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor ini. (abh)

Bagikan artikel ini

1 comment