7 Rahasia KH. Maimun Zubair Sukses Mendidik Putra dan Santri Menjadi Kader Agama, Bangsa dan Dunia Masa Depan - HWMI.or.id

Thursday 16 September 2021

7 Rahasia KH. Maimun Zubair Sukses Mendidik Putra dan Santri Menjadi Kader Agama, Bangsa dan Dunia Masa Depan

7 Rahasia Almaghfurlah: Mbah KH Maimoen Zubair Sukses Mendidik putra Dan Santri Menjadi Kader Agama, Bangsa Dan Dunia Masa Depan

Oleh: Ustadz Jamal Ma'mur Asmani ( Jamal Pati)

Penulis hampir melakukan Riset tema di atas. Penulis kagum kepada Almaghfurlah KH Maimun Zubair yang berhasil mendidik putra Dan santri-santrinya menjadi ulama Dan tokoh yang mendalam ilmunya, santun akhlaknya, Dan ikhlas perjuangannya di tengah masyarakat.

Hasil observasi sekilas Penulis terhadap tema di atas, Ada beberapa temuan sekilas:

1. Peran Ibu sangat sentral

KH Maimun Zubair Selalu menekankan kepada para santrinya untuk mencari istri shalehah yang ahli riyadlah (tirakat). Istri Sholehah Tidak begitu kedonyan (Tidak tergila dunia), tapi menjadikan dunia sebagai wasilah (sarana) beribadah Dan berjuang.

KH Ahmad Sadid Jauhari (pengasuh PP Assunniyyah) Kencong Jember yang merupakan Adik ipar beliau KH maimun pernah bercerita kepada Penulis saat Munas Kombes NU 2012 di Kempek Cirebon, bahwa dari jalur ayah, keluarga KH Maimun orang biasa. Namun Ada Mbahnya yang ahli riyadhoh, seperti banyak puasa, shalat Malam istiqamah, banyak bermunajat, Dan sangat cinta terhadap Ulama.

Potret istri KH Maimun Zubair adalah beliau merupakan sosok perempuan yang cinta ilmu, ahli riyadhoh, Dan cinta Ulama sehingga anak-anaknya tumbuh sebagai generasi-generasi Islam yang cinta ilmu Dan cinta Ulama.

2. Rizki Halal, No Syubhat

Rizki Halal menjadi keharusan. Darah yang dimasuki makanan Haram Akan membentuk karakter Dan kepribadian seseorang. KH Maimun dikenal Kiai yang sangat hati-hati (ihtiyath) dalam memberikan makan kepada Keluarga "Anak, istri" Dan santrinya.

Beliau membedakan rizki dari aktivitas politik, ceramah, amplop pejabat, Dan dari usahanya sendiri.

Rizki yang digunakan untuk makan keluarga Dan santrinya benar-benar dari usaha yang bebas dari Syubhat (samar-samar), apalagi jelas haramnya.

3. Memohon Berkah para Kiai

KH Maimun seperti yang beliau sampaikan Dan disampaikan putra-putrinya, mendapat berkah para Ulama. Air ludah Ulama misalnya, adalah model kiai Pesantren untuk memberikan doa yang berujung berkah kepada generasi Muda.

Menurut Kisah KH Nashir Farah, Tambak Beras Jombang, KH Maimun sering memanggil sebagian santrinya, masuk dalam kamar, untuk diberi ijazah khusus.

Rumah KH Maimun menjadi persinggahan atau destinasi para Ulama, habaib, Dan orang-orang Sholih. KH Maimun tentu memohon kepada mereka untuk mendoakan keluarga Dan santrinya supaya menjadi Kader penerus Agama yang berkualitas tinggi Dan berhati mulia.

4. Teladan Istiqamah

KH Maimun Zubair Tidak hanya aktif mengaji kitab Dan ceramah di tengah masyarakat. Tapi beliau mempraktekkan pentingnya istiqamah dalam kebaikan.

Salah satu indikator istiqamah KHMaimun adalah Selalu memberi kajian kepada santri Dan Masyarakat meskipun baru saja datang dari Acara luar yang menyita banyak waktu Dan tenaga.

KH Maimun mengajarkan pentingnya istiqamah sebagai akhlak para Ulama yang Harus diteladani sebagai wasilah meraih keberkahan Dan kesuksesan hidup.

Di usia senja, KH Maimun tetap mengaji seperti biasa. Ramadlan 1440 H. Kemarin, alhamdulillah Ananda Su'aidi Na'im, dibantu Mas Bayu Suryo Aji, Salah satu guru PP Al Anwar, bisa tabarrukan ngaji kitab karya Syaikh Abdul Wahab Asy-Sya'ni tentang tasawuf kepada KH Maimun Zubair sampai khatam.

5. Tawadlu' (rendah hati)

Jika ingin jadi orang mulia yang derajatnya diangkat Allah, jadilah orang yang tawadlu'. Jangan Merasa pintar, suci, banyak Amal, Dan lebih dari orang lain.

KH Maimun Zubair memberikan teladan pentingnya tawadlu' dalam ilmu Dan akhlak. Beliau Tidak merasa pintar, sehingga Selalu membaca, membaca, Dan membaca. Beliau sosok yang demokratis Dan toleran.

Beliau merasa sedikit amalnya Dan selalu berdoa Dan memohon doa santri Dan Ulama supaya diberi Allah wafat dalam keadaan husnul khatimah.

Sebuah akhlak Ulama besar yang Inspiratif yang meneteskan air kesejukan, kesahajaan, Dan kedamaian jiwa. Jiwa yang tawadlu' terhindar dari konflik, agitasi, Dan hal-hal negatif destruktif lainnya.

Tawadlu' membuat orangnya menjadi pembelajar sepanjang hayat karena dirinya Selalu merasa bodoh, sedikit Amal, Dan penuh dosa. Tawadlu' mendorong seseorang berbaik sangka kepada orang lain.

6. Senang Sedekah Dan Sederhana

Salah satu santri KH Maimun Zubair, yaitu KH Ali Mashar dari Pakis Tayu Pati, menceritakan kepada Penulis bahwa KH Maimun Zubair adalah sosok yang dermawan.

Beliau banyak membantu pembangunan masjid di banyak tempat. Penulis menyaksikan kedermawanan KH Maimun saat sowan. Setiap tamu diberi makan ala kadarnya ala santri yang mencerminkan kesederhanan Dan kesahajaan.

Di samping ahli sedekah, KH Maimun juga sosok Ulama yang sederhana. Melihat Rumah Kiai yang sederhana, meskipun reputasi keulamaannya Nasional Dan dunia, itu saja menjadi bukti bahwa KH Maimun Zubair adalah sosok yang mengedepankan kesederhanan, jauh dari karakter kemewahan, kemegahan, Dan keduniaan.

7. Kaderisasi

KH Maimun Zubair meneruskan peran ini dari pendahulunya. Ulama-ulama besar seperti Syaikhona Kholil Bangkalan Madura, Haldratussyaikh KH M Hasyim Asy'ari, KH Abdul Wahid Hasyim, Dan KH MA Sahal Mahfudh adalah sosok yang piwai mengkader Putra Dan santrinya dalam mengembangkan Islam sesuai bidangnya masing-masing.

Banyak santri PP Al Anwar Sarang yang alim Dan berasal dari keluarga biasa dijodohkan dengan Putra kiai Daerah yang punya Pesantren kecil. Akhirnya, Pesantren kecil tersebut berkembang setelah santrinya memimpin Pesantren tersebut.

Penulis Punya teman asal Demak yang berkarir di Kudus, namanya Kiai Naf'an. Selama 16 tahun belajar di PP. Al Anwar Sarang, Dan alhamdulillah sekarang punya Pesantren di Kudus dengan nama Al - Maimuniyah. Ketika Saya Tanya, ternyata KH Maimun yang memberikan nama Dan meresmikan Pondok tersebut. KH Maimun pernah mengunjungi Pondok santrinya ini selama 3 Kali. Subhanallah.

KH Maimun rajin mengunjungi santri-santrinya sehingga jaringan alumni PP Al Anwar solid Dan Punya komitmen kuat dalam mengawal Islam Ahlussunnah Wal Jamaah An Nahdliyyah.

Putra-putri KH Maimun Zubair mempunyai ladang dakwah sendiri-sendiri. Berdirinya Al Anwar 2, 3, Dan 4, Tidak lepas dari visi besar KH Maimun dalam membangun peradaban Islam. Hal ini juga menjadi salah satu kunci suksesnya dalam kaderisasi.

KH Najih tampil sebagai Ulama yang produktif dalam karya. Dr. KH Abdul Ghofur tampil sebagai akademisi, pemikir, Dan Aktivis tingkat Nasional, baik di PBNU maupun di MUI Pusat. KH Majid Kamil tampil sebagai kiai Dan politisi yang santun Dan bersahaja. KH Taj Yasin tampil sebagai birokrat yang ramah Dan dekat dengan Rakyat.

Ke 7 Rahasia mendidik putra Dan Santri KH Maimun Zubair di atas semoga menginspirasi para santri, kiai, Dan seluruh elemen bangsa untuk meneladaninya sehingga lahir kader-kader hebat yang Akan meneruskan perjuangan Agama, masyarakat, bangsa Dan umat manusia. Amin..🤲

Kagem simbah KH Maimoen Zubair Lahul Fatihah...

*Santri Kampong

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

1 comment

  1. Boleh dong kirim berita yg mau di bantu tayang di Media ku. Di Penjuru.id, kirim ke WA ku ya di 08111213535.Trima kasih dan salam Bahagia selalu

    ReplyDelete