Ken Setiawan: Kasus Pembubaran Ibadah Natal di Tulang Bawang Lampung Seperti Puncak Gunung Es - HWMI.or.id

Friday 31 December 2021

Ken Setiawan: Kasus Pembubaran Ibadah Natal di Tulang Bawang Lampung Seperti Puncak Gunung Es

Ken Setiawan: Kasus Pembubaran Ibadah Natal di Tulang Bawang Lampung Seperti Puncak Gunung Es

Dikutip dari kontraradikal.com,Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan menilai Kasus Pembubaran Ibadah Natal tersebut hanyalah puncak gunung es yang terlihat, sementara di bawahnya masih terdapat begitu banyak kasus intoleransi yang dibiarkan di Lampung.

Jangankan yang beda agama, masyarakat yang seagama juga sering terjadi konflik hanya karena fanatisme beragama dan berbeda pemahaman, seperti saling membidahkan dan saling mengkafirkan masih banyak di Lampung. 

Kadang malah ujaran kebencian, hujatan dan caci maki itu disampaikan ditempat ibadah oleh pemuka agama. Jelas Ken.

Ken berharap selain aparat, peran Kantor Urusan Agama (KUA) juga hadir menjadi mediator jika terjadi permasalahan antar agama dimasyarakat, KUA jangan hanya menjadi pencatatan akad nikah saja. Tambah Ken.

Padahal Kantor Urusan Agama (KUA) menurut Ken merupakan bagian dari struktur Kementerian Agama, bertugas menyelenggarakan di bidang keagamaan termasuk penyelesaian konflik antar agama di masyarakat.

Bahkan disetiap desa atau kelurahan itu ada yang namanya penyuluh agama dari KUA, tapi sampai saat ini keberadaan mereka masih banyak masyarakat yang belum merasakan kehadiran para penyuluh agama tersebut, terutama bila terjadi konflik antar agama dimasyakarat. Tutup Ken.

Boleh dishare/bagikan.

(Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda