Surat Terbuka Kyai Kholid: Tantangan Dialog untuk Muhammad Kace - HWMI.or.id

Sunday 22 August 2021

Surat Terbuka Kyai Kholid: Tantangan Dialog untuk Muhammad Kace


Surat Terbuka Kyai Kholid: Tantangan Dialog untuk Muhammad Kece

Dikutip dari dakwahnu.id, menyikapi merebaknya dugaan pelecehan dan menistaan agama islam yang dilakukan oleh youtuber bernama Muhammad Kece dalam akun youtubnya yang bernama MuhammadKece, KH. Kholid Ar-rifa’ie As-syadzily merasa terpanggil untuk mengajak Muhammad Kece berdialog layaknya orang terpelajar dalam menyikapi kesalahan-kelasalahan yang di lakukan Muhammad Kece dalam memahami islam dalam youtube tersebut.

Pengurus Divisi Kajian Lembaga Dakwah PBNU dan Ketua FKMNU, Yai Kholid beliau biasa dipanggil, menghunungi redaksi dakwahnu.id, Sabtu, (22/08) untuk menyampaikan tawaran dialog dengan Muhammad Kece, dalam rangka menyikapi penistaan yang meresahkan masyarakat tersebut.

Assalamualaika ya Muhammad KECE

Semoga hidayah Islam menyertai anda

Menanggapi ceramah anda yang menghebohkan dunia maya, Izinkan saya mengemukakan beberapa hal.

Pertama :

Saya mau mengucapkan terima kasih kepada anda dan orang-orang yang tergabung dalam forum diskusi virtual anda, dimana anda telah tertarik untuk membahas dan mempelajari isi Alquran walaupun hanya melalui terjemahan Alquran versi depag. saya sangat menghargai semangat anda untuk mengetahui isi Alquran. semoga niat anda tulus dan Allah membimbing anda kepada jalan Islam. Amin.

Tapi perlu anda ketahui bahwa mempelajari Alqur’an tidaklah cukup hanya dengan modal terjemahan, karena hal itu bisa sesat dan menyesatkan.

Sebagai contoh :

dalam surat Al-qari’ah ayat 7,8,9

فَأَمَّا مَن ثَقُلَتْ مَوَٰزِينُهُۥ

Dan adapun orang-orang yang berat timbangannya

فَهُوَ فِى عِيشَةٍ رَّاضِيَةٍ

7. maka dia berada dalam kehidupan yang menyenangkan di syurga

وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَٰزِينُهُۥ

8. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan nya,

فَأُمُّهُۥ هَاوِيَةٌ

9. maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah yang sangat panas.

Jika ayat tersebut dipahami secara tekstual maka tentu sangat menyesatkan. Karena orang yang gemuk dan berat timbangannya akan masuk syurga sebaliknya orang yang kurus dan ringan timbangannya akan masuk neraka (enak disitu gak enak di saya-pen). Karena anda terlihat gemuk sedangkan saya kurus.

Maksud saya untuk memahami ayat ayat Al-quran diperlukan guru yang paham tentang ilmu tafsir yang mampu menggabungkan dengan ayat-ayat lainnya. Bukan hanya mengutip potongan ayat-ayat seperti yang anda lakukan. Dan saya sebagai Ketua Forum Kyai Muda NU siap menjadi pembimbing anda jika berminat mengenal Islam lebih baik.

Catatan dan koreksi penting terhadap isi ceramah anda sebagai berikut

Bapak Muhammad KECE yang terhormat..!

Seharusnya anda berhati hati dalam mengutip ayat-ayat Al-qur’an karena itu bukan wilayah anda. Sedangkan kami sendiri sebagai Muslim tidak berani menafsirkan Alquran sesuai selera kami tanpa merujuk pada pakar danb ahli ahli tafsir yang terpercaya.

Nabi kami bersabda : Barangsiapa siapa menafsirkan Alqur’an sesuai seleranya maka bersiap-siaplah masuk neraka. (Al-hadis).

Menyimak ceramah anda di youtube, nampak anda telah merubah salam yang diajarkan Nabi kami dari Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh menjadi Assalamualaikum Yesus Wabarakatuh.

Dan merubah Surat Alfateha ayat 1 dari Alhamdulillahi Rabbil Alamin menjadi Alhamdu Yesus Rabbil Aalamin. Dimana dalam perubahan teks Al-hamdulillah kepada Alhamdu Yesus mengandung makna bahwa Yesus adalah pengatur alam semesta.

Tentu hal ini menjadi masalah bagi kami umat islam. Karena anda telah lancang merubah merubah salam kami dan memelintir salah satu ayat Al-quran. Dimana tidak seorangpun boleh merubahnya. Karena dalam ajaran Islam ada aturan khusus mengenai salam terhadap non muslim dan menjawabnya. Namun kami tidak mau membahasnya disini. Dan Saya juga tidak ingin masuk kedalam perdebatan Aqidah Apakah Yesus itu Tuhan pengatur alam semesta ataukah hanya seorang nabi dan rasul. Bagi kami sudah sangat jelas Nabi Isa hanyalah seorang nabi dan rasul yang terlahir tanpa bapak bukan tuhan pengatur alam semesta. Karena Tuhan itu hanya satu tidak beranak dan diperanakkan dan Sifat Tuhan adalah pencipta dan pengatur alam semesta. Bagaimana mungkin Yesus bisa di anggap sebagai Tuhan..? sedangkan Yesus Lahir setelah Alam semesta Ada.

Sekali lagi saya tegaskan tidak ingin masuk pada wilayah aqidah dan keyakinan anda, itu haq anda. Karena dalam ajaran kami menegaskan :

Lakum diinukum waliyadiin (agamamu agamamu, agamaku agamaku)

Lanna A’maaluna walakum a’maalukum ( amalmu amalmu amalku amalku)

Kedua :

Mengenai persepsi anda tentang potongan ayat-ayat Alqur’an dan penilaian anda tentang Nabi kami yang dianggap menistakan karena keterbatasan anda dalam memahami ajaran islam.

seperti masalah ka’bah , Jin dan lainnya. Semoga suatu saat nanti Allah memberikan hidayah Islam kepada anda.

Khusus terkait dengan kutipan anda tentang ayat-ayat Jin,dimana anda mengatakan Nabi Muhammad dekat dengan dengan Bangsa JIN itu tidak salah 100% Karena dalan Alquran surat Adzzariya : 56

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدون.

Dan aku tidaklah menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi dan beribadah kepadaku.

Dalam tafsir ayat diatas Manusia dan JIN terkena beban hukum syariat yaitu kewajiban beribadah kepada Allah. Dimana dalam hal ibadah dibutuhkan seorang pembimbing yaitu nabi dan rasul, Seperti yang kita ketahui Nabi Sulaiman As yang diberikan mu’jizat menaklukkan Jin dan syetan. begitu juga Nabi Muhammad saw dalam Alquran di nyatakan pernah dikelilingi bangsa Jin karena tertarik mendengar bacaan Alquran surat Ar-rahman.

Tapi yang perlu anda ketahui kedekataanya bukan berarti Nabi bersekutu dengan JIN atau minta bantuan JIN dimana hal ini sangat dilarang dalam islam.

Berangkat dari konten ceramah anda, saya setuju terbukannya sebuah dialog Virtual Seperti juga keingainan anda dan kawan-kawan agar supaya masalah ini tidak semakin melebar dan meruncing. Ajaran Islam mengajarkan musyawarah dan dialoq dalam menyikapi perbedaan.

Saya Pengurus Lembaga dakwah PBNU Divisi Kajian dan Pengembangan juga selaku Ketua FKM-NU (Forum Kyai Muda NU) menantang anda untuk berdialog seputar Kerisauan dan kegalauan anda seputar tema-tema Islam yang sering dijadikan bahan olok-olokan dalam channel youtube anda baik secara ofline maupun virtual.

Demikian surat undangan terbuka ini kami sampaikan semoga anda bersedia meresponnya.

Jika anda bersedia inilah kontak kami : Kholid Ar-rifa’ie As-syadzily, HP. 081-288-299-777, Salam sehat dan damai untuk semuanya.

Sementara, Lembaga Dakwah PBNU melalui Divisi Hukum dan Advokasi, sesuai himbauan Sekjen PBNU, berencana melaporkan Muhammad Kece kepada pihak yang berwajib, atas tuduhan ujaran kebencian dan dugaan penistaan agama islam. (ASR)

Kontributor: FKM-NU

Editor: Yuzep Ahmad

((Hwmi Online)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda